Selasa, 18 Oktober 2016

Cara Membuat Situs Media Sharing dengan Ninja Media Script

Hi..sahabat Uda, pada postingan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat situs media sharing dengan Ninja Media Script. Sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu Ninja Media Script. Ninja Media Script adalah salah satu script yang digunakan untuk membuat situs berbasis media sharing berupa gambar dan video. Salah satu media sharing yang paling terkenal saat ini adalah 9gag.com.




Baiklah, saya akan menjelaskan langkah-langkah mulai dari nol sampai bisa yang dapat anda ikuti sekarang ini untuk membuat situs media sharing dengan Ninja Media Script :

Menyewa Hosting dan Domain

Sebelum menginstal Ninja Media Script, Anda harus mempunyai hosting dan domain. Hosting adalah tempat dimana website Anda akan ditaruh atau disimpan. Sedangkan domain adalah alamat untuk mengakses website Anda. Contohnya exampel.com.

Hosting yang Saya Sarankan

Ada banyak layanan penyedia hosting dan domain. Berikut beberapa layanan hosting Indonesia yang saya rasa cocok buat pemula.
  1. Idhostinger
  2. Niagahoster
  3. Dewaweb
  4. Rumahweb
Tapi saya sendiri memilih Idhostinger, karena memiliki layanan hosting gratis dan cocok bagi Anda yang pemula.
Cara membuat hosting gratis di Idhositnger

Menentukan Nama Domain

Hati-hati dalam pemilihan nama domain. Memilih nama domain yang tepat adalah salah satu hal yang penting dalam membangun sebuah website. Berikut beberapa tips pemilihan nama domain yang baik menurut uda  :
  1. Nama domain kita harus berkatian dengan website kita sendiri
  2. Jangan terlalu panjang, minimal 2 kata atau lebih 
  3. Menggunakan Ekstensi .com
  4. Tidak mengandung (-)
  5. Mudah diingat dan tidak sulit diucapkan. 

Download Ninja Media Script

Pada dasarnya Ninja Media Script sebenarnya berbayar. Namun beberapa waktu lalu saya mencoba searching yang gratisan. Alhasil saya berhasil mendapatkan Ninja Media Script secara gratis dari website luar negeri. Meski tak dianjurkan, bagi kita yang kantongnya tipis mendapatkan sesuatu yang free pasti sangat menggembirakan. Jadi kalau kepepet gak apa-apalah menggunakan script yang free....
Download Ninja Media Script [ link ] 

Instalasi Ninja Media Script

    Selanjutnya saya akan menjelaskan instalasi Ninja Media Script pada hostingan. Sebelumnya Anda sudah melakukan pembelian hosting gratis di idhostinger. Silahkan login ke akun Cpanel Idhostinger Anda.




    Selanjutnya pilih hosting gratis yang anda pesan tadi yang akan dijadikan untuk menyimpan dan menginstall Ninja Media Script. Maka akan muncul gambar seperti yang dibawah ini


    Klik File Manager, otomatis halaman baru terbuka. Halaman terbuka tersebut adalah halaman FTP Client dimana disana kita akan menyimpan file atau direktori dari Ninja Media Script tersebut. Silahkan Upload File zip dari Ninja Media Script yang sudah didownload tadi di  /public_html.  Maka hasilnya akan seperti ini.



    Agar semua fungsi berjalan dengan normal, maka sebelumnya Anda harus membuat sebuah database. Untuk membuat database silahkan kembali ke Cpanel dan pilih Database MySQL.

    Silahkan nama dan user dari database MySQL Anda. Lalu klik Buat.


    Selesaikan Instalasi

    Selanjutnya silahkan buka new tab pada browser Anda, dan ketikkan nama domain dari hosting Anda. Maka akan tampi halama configurasi penginstalan.


    Silahkan klik Next yang terletak pada paling bawah halaman, sehingga akan mucul gambar seperti berikut ini.


    Isi Database Info
    Database Host : Host dari database yang dibuat tadi
    Database Name : Nama dari database yang dibuat tadi
    Database User : Pengguna dari database yang dibuat tadi
    Database Password : Password database yang dibuat tadi

    Admin Info
    Admin Username : Nama pengguna admin untuk login nantinya
    Admin E mail : Alamat email Admin
    Admin Password : Password Admin untuk login nantinya

    Setelah semua data diisi maka silahkan klik tombol next. Maka setelah itu akan tampil tombol install, lalu klik tombol install tersebut dan tunggu beberapa saat hingga tampil gambar dibawah ini yang menyatakan proses instalasi sukses. sekarang silahkan kunjungi website anda dengan meng-klik tombol Click here to visit your site.  




    Congratulation...website media sharing Anda sudah berhasil dibuat dan sekarang tinggal setting logo serta menu halaman sesuia dengan keinginan Anda.
    Terimakasih atas kunjungannya...semoga artikel ini bermanfaat. 

    Load disqus comments

    0 komentar